Les Privat Bandung | Berpengalaman & Berkualitas | Bandung Raya dan Cimahi

Guru Berkualitas, Murid Berprestasi

LightBlog
DAFTAR MELALUI WA 082288571991

Thursday, February 18, 2021

Game Komputer untuk Anak-anak: 7 Cara Kreatif Membuat Anak Jenius


Meskipun kami sendiri senang memainkannya, banyak orang tua yang mengkhawatirkan pengaruh permainan komputer terhadap perkembangan anak-anak mereka. Kami takut membiarkan anak-anak kami bermain game komputer selama lebih dari satu jam atau lebih sehari akan mengubahnya menjadi kentang antisosial dan obesitas. Kami pikir akan lebih baik jika kami meminta anak-anak kami membacakan atau membacakan cerita anak-anak untuk mereka. Namun, game komputer akan tetap ada, jadi daripada melawannya, mengapa tidak menggunakannya? Artikel ini menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda bisa membiarkan anak Anda bermain game komputer sambil tetap mempromosikan pengembangan kreativitasnya.


Masalah yang dihadapi banyak orang tua dengan game komputer adalah, dibandingkan dengan membaca cerita anak-anak, mereka tidak membutuhkan banyak imajinasi. Berikut tujuh cara menyelesaikan permainan komputer untuk meningkatkan perkembangan kreativitas anak Anda:


# 1 Mengembangkan Profil Kepribadian


Beberapa permainan komputer memiliki karakter. Dengan adanya game Harry Potter, karakter tersebut sudah terkenal dan berkembang. Namun, di game lain, karakter mungkin lebih "dangkal". Ini adalah kesempatan sempurna bagi anak Anda untuk mengembangkan karakter lebih jauh. Mereka dapat membuat profil karakter, membayangkan siapa keluarga mereka, dari mana mereka berasal, di mana mereka pergi / bersekolah, hobi apa yang mereka sukai, bagaimana perasaan mereka, dll. Anak Anda kemudian dapat membuat sketsa atau gambar karakter dan adegan dari kehidupan mereka: masa lalu, sekarang, dan masa depan. Akhirnya, anak Anda dapat membuat profil orang lain dalam kehidupan karakter: teman, keluarga, hewan peliharaan, kolega, robot, dll.


# 2 Membuat Storyboard


Jika dipikir-pikir, banyak game komputer tidak lebih dari cerita interaktif. Oleh karena itu, anak Anda dapat membuat cerita sendiri menggunakan karakter dari game komputer favoritnya. Pikirkan ini sebagai perpanjangan dari permainan komputer. Anda bahkan dapat berpura-pura bekerja di perusahaan game komputer dan membuat versi baru dari game komputer tersebut.


Ada beberapa cara untuk mengatasinya berdasarkan preferensi Anda dan anak Anda. Anda dapat menulis teks, membuat ilustrasi seperti kartun, membuat adegan animasi (seperti gambar) saja, atau membuat gambar dengan teks yang menyertainya.


# 3 Tulis Buku Harian


Mungkin menarik bagi anak Anda untuk memahami beberapa karakter yang ada. Ngomong-ngomong, ini juga cara yang baik untuk mengembangkan empati anak. Minta anak Anda untuk menulis buku harian seolah-olah dia adalah salah satu karakternya.


# 4 Mengembangkan Pembelajaran Virtual


Salah satu putra saya mengembangkan dunia virtualnya sendiri. Dia membuat peta dan deskripsi rinci dari semua makhluk dan tumbuhan (total lebih dari 100, digambarkan sepenuhnya) dan mendarat di dalamnya, dan sejarah lengkap dunia fiksi ini. Anak Anda dapat menciptakan dunia virtual yang merupakan perpanjangan dari game komputer yang sudah ada atau sesuatu yang sama sekali baru.


# 5 Apa Itu Memasak?


Jika anak Anda suka memasak, mengapa tidak mengembangkan beberapa resep khusus untuk makanan orang di dunia maya game komputer? Apa makanan favorit mereka? Apa hidangan nasionalnya? "Resep" ini bisa dari makanan yang benar-benar dapat dimakan atau bahan yang tidak dapat dimakan lainnya (pastikan anak Anda tidak memakan yang terakhir!).


# 6 Menggunakan Alat Peraga / Maket


Beberapa anak adalah pembelajar kinestetik. Mereka belajar dengan melakukan. Jika anak Anda termasuk salah satunya, dia dapat membuat model 3D dari tanah liat atau papier-mâché dari karakter dari game komputer. Anda juga dapat membuat maket di taman / halaman Anda. Misalnya, Anda bisa mengukir kerajinan dari batang atau batang pohon tua.


# 7 Buat Game Komputer Anda Sendiri


Di bidang game komputer, apa yang bisa lebih kreatif daripada membuat game sendiri? Saat membuat game, perusahaan game komputer melalui proses yang mirip dengan beberapa langkah yang dijelaskan di sini sehingga Anda dapat menggunakan hasil dari pekerjaan menyenangkan Anda untuk membuat game komputer yang sebenarnya.


Ada ratusan atau ribuan perangkat lunak yang dapat Anda gunakan untuk membuat game Anda sendiri. Namun, kecuali Anda adalah seorang "teknisi", mungkin paling mudah digunakan untuk seseorang yang tidak memerlukan pemrograman atau keterampilan komputer tingkat lanjut.


Alat perangkat lunak seperti "Pembuat Game 3D" misalnya, memungkinkan Anda membuat game hanya dengan mengarahkan dan mengklik. Pembuat Game 3D berisi perpustakaan adegan, suara, dan objek 3D yang dapat Anda gabungkan ke dalam game Anda sendiri. Jelas, ini sedikit kurang kreatif daripada membuat game dari awal, tetapi Anda juga dapat memindai foto, merekam efek suara yang dipersonalisasi, dan mengimpor model 3D untuk membuat game Anda lebih kreatif.


Sistem Penciptaan Pilihan Ganda (MuCeS) memungkinkan Anda membuat petualangan pilihan ganda di mana pemain game memilih satu opsi dari sejumlah opsi yang tersedia, tergantung pada apa yang menurut Anda terbaik untuk situasi tertentu.


Di atas hanyalah dua contoh kemungkinan. Intinya adalah Anda tidak harus menjadi "ilmuwan roket" untuk membuat game komputer Anda sendiri. Bayangkan betapa asyiknya anak Anda membuat game sendiri. Bermain game komputer tidak akan pernah sama lagi!


Beberapa orang tua menganggap game komputer memiliki efek "tidak sehat" pada anak-anak mereka, tetapi ketika Anda menggabungkan game komputer dengan beberapa aktivitas pembuatan cerita anak "offline" yang ditampilkan di sini, Anda tidak hanya akan melepaskan kejeniusan kreatif anak Anda, Tetapi Anda juga akan memiliki sangat senang ketika melakukannya.

Panggil Tutor ke Rumah Via WA atau Telp
WhatsApp Telp